Survei: Hanya 32% Masyarakat Indonesia Optimistis dengan Kondisi Politik & Hukum

Politik
1
Andrea Lidwina 15/08/2021 12:00 WIB
Tingkat Optimisme Masyarakat terhadap Isu Sektoral di Indonesia (Juli 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei Good News From Indonesia (GNFI) menunjukkan, hanya 32,1% responden yang optimistis dengan kondisi politik dan hukum Indonesia di masa depan. Sektor ini mencakup penegakan hukum yang tidak diskriminatif, pemerintahan yang bersih dan transparan, serta rendahnya korupsi.

Persentase itu menjadi yang paling rendah di antara sektor lainnya. Misalnya, sebanyak 51% responden optimistis dengan kehidupan sosial di masa depan, seperti kesempatan yang sama antara perempuan dan laki-laki, kebebasan berpendapat, serta sikap toleransi.

Optimisme responden terhadap sektor ekonomi dan kesehatan serta kebutuhan dasar pun cukup tinggi, masing-masing sebesar 64,6% dan 75,1%. Kedua sektor ini menjangkau pemenuhan gizi yang seimbang, akses layanan kesehatan, dan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

Sementara itu, sektor yang punya optimisme responden tertinggi adalah pendidikan dan kebudayaan (83,9%). Responden yakin produk budaya Indonesia, seperti kerajinan tangan, musik, fashion, dan film, bisa diterima dunia, juga bisa mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas.

(Baca: Politikus Dianggap Paling Bertanggung Jawab terhadap Informasi Sesat di Internet)

GNFI melakukan survei tersebut terhadap 800 responden pada 8-15 Juli 2021. Sebanyak 64,4% responden merupakan generasi Z yang berusia kurang dari 25 tahun, sementara sisanya adalah generasi Y yang berusia 25-40 tahun.

Data Populer
Lihat Semua