Indonesia Raih Lima Medali di Olimpiade Tokyo 2020

Olahraga
1
Andrea Lidwina 05/08/2021 16:00 WIB
Perolehan Medali Indonesia pada Setiap Olimpiade
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Indonesia berhasil membawa pulang lima medali pada ajang olahraga Olimpiade Tokyo 2020. Rinciannya, satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Sebanyak satu medali emas didapatkan oleh pasangan ganda putri bulu tangkis Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Sebanyak satu medali perak didapatkan oleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan.

Kemudian, tiga medali perunggu datang dari dua cabang olahraga tersebut. Dua medali dari angkat besi, yakni Windy Cantika Aisah dan Rahmat Erwin Abdullah. Sedangkan, satu medali dari atlet tunggal putra bulu tangkis Anthony Sinisuka Ginting.

Indonesia mulai menjadi partisipan Olimpiade pada 1952. Namun, tradisi membawa pulang medali baru dimulai sejak Olimpiade Seoul 1988. Satu medali perak kala itu diperoleh tim panahan putri yang terdiri dari Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman, dan Kusuma Wardhani.

(Baca: Jelang Akhir Olimpiade Tokyo 2020, Tiongkok Pimpin Perolehan Medali Emas)

Sementara itu, perolehan medali Indonesia paling banyak tercatat pada Olimpiade Sydney 2000 dan Beijing 2008, masing-masing enam medali. Secara rinci, satu emas, tiga perak, dan dua perunggu pada 2000, kemuian satu emas, satu perak, dan empat perunggu pada 2008.

Selain pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia pernah mendapatkan lima medali di Barcelona, Spanyol pada 1992. Jumlah itu terdiri dari dua emas, dua perak, dan satu perunggu.

Data Populer
Lihat Semua