IKLAN

Gratis Ongkir Jadi Faktor Utama E-Commerce Tetap Digemari Konsumen

8 Pertimbangan dalam Memilih Platform e-Commerce untuk Berbelanja (%) (Semester I 2021)

katadata logo databoks logo
Disalin..
IKLAN

Penulis: Monavia Ayu Rizaty

Editor: Annissa Mutia

30/7/2021, 12.50 WIB

Jakpat membuat sebuah survei bertajuk Indonesia E-Commerce Trend 2021. Hasilnya, promo gratis ongkir menjadi faktor utama konsumen dalam memilih platform e-commerce untuk berbelanja. Hal itu dikudung oleh 66% responden.

Pertimbangan konsumen lainnya, yaitu harga barang yang lebih murah (64%), menawarkan banyak diskon pada barang (59%), proses pembayaran yang mudah (56%), dan menawarkan beragam cara pembayaran (53%).

Selain popularitas dari platform e-commerce, survei ini menunjukkan bahwa harga barang dan promo gratis ongkir menjadi alasan utama konsumen dalam memilih sebuah platform e-commerce. Selain harga dan promo, kemudahan metode pembayaran juga dipertimbangkan oleh konsumen.

Pembayaran dengan dompet digital (e-wallet) paling sering digunakan konsumen ketika berbelanja di e-commerce (69%) dalam satu tahun terakhir. Disusul pembayaran dengan COD (52%), mobile/internet banking (37%), dan lewat minimarket (28%).

Survei ini dilakukan terhadap 1.054 responden di 25 provinsi pada bulan April dan Juni 2021. Dari jumlah responden tersebut mayoritas berusia 20 hingga 29 tahun dan berada di Pulau Jawa.

(Baca Selengkapnya: Ragam Alasan Konsumen Pilih COD saat Belanja di E-Commerce)

IKLAN

data terkait