Ragam Alasan Konsumen Pilih COD saat Belanja di E-Commerce

Teknologi & Telekomunikasi
1
Monavia Ayu Rizaty 29/07/2021 17:00 WIB
Alasan Konsumen Menggunakan Metode Cash on Delivery (COD) saat Berbelanja di E-Commerce (Semester I - 2021)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut survei Jakpat, 52% konsumen Indonesia memilih metode bayar di tempat (cash on delivery/COD) ketika berbelanja di e-commerce dalam satu tahun terakhir. Dari jumlah tersebut, 73% responden memilih COD karena ingin memastikan barang yang mereka terima sebelum membayarnya.

Sebanyak 60% responden memilih COD karena menganggap metode pembayaran tersebut lebih sederhana bagi konsumen. Ada pula 30% responden yang memilih COD karena malas pergi ke anjungan tunai mandiri (ATM).

Kemudian, 14% responden memilih COD karena tak memiliki akun perbankan. Sebanyak 13% responden memilih metode pembayaran tersebut karena tak punya dompet digital. Sedangkan, 2% responden lainnya punya alasan lain.

Survei ini juga menunjukkan, 54% responden yang menggunakan COD saat belanja online berasal dari kalangan menengah ke bawah dalam tiga bulan terakhir. Berdasarkan wilayahnya, 50% penggunaan COD berada di luar Jawa pada periode yang sama.

Adapun, Jakpat melakukan survei terhadap 1.054 responden di 25 provinsi pada April-Juni 2021. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dari survei ini di bawah 3%.

(Baca: Jumlah Pengunjung Tokopedia Kalahkan Shopee pada Kuartal I-2021)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.