Tingkat Keterwakilan Perempuan di Parlemen Minahasa Tertinggi pada 2020

Politik
1
Viva Budy Kusnandar 21/07/2021 13:40 WIB
10 Kabupaten/Kota dengan Keterwakilan Perempuan di Parlemen Tertinggi (2020)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kesetaraan gender perempuan dalam dunia politik di Kabupaten Minahasa cukup tinggi. Ini tecermin dari besarnya keterlibatan perempuan dalam parlemen di salah satu kabupaten di Sulawesi Utara tersebut.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat II di Minahasa periode 2019-2024 berjumlah 35 orang. Rinciannya, 17 orang atau 48,57% dari anggota dewan di Minahasa berjenis kelamin perempuan, sedangkan 18 orang atau 51,43% sisanya adalah laki-laki.

Posisi kedua ditempati Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah dengan tingkat keterwakilan perempuan di parlemen sebesar 48%. Kemudian, lima kabupaten/kota punya tingkat keterwakilan perempuan di parlemen sebesar 40%, yakni Barito Selatan, Mahakam Ulu, Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kolaka Timur.

Sebanyak tiga kabupaten/kota punya tingkat keterwakilan perempuan di parlemen sebanyak 36,67%. Ketiganya adalah Aceh Tamiang, Kota Tanjung Pinang, dan Kota Kediri.

Adapun, rata-rata keterwakilan perempuan di DPRD tingkat II secara nasional mencapai 21.09%. Angka tersebut masih di bawah ambang batasnya yang mencapai 30%.

(Baca: Keterwakilan Perempuan di Parlemen Kalimantan Tengah Paling Tinggi di Indonesia)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.