Posisi Kelima Asia Tenggara, Baru 6% Penduduk Indonesia Telah Divaksinasi Penuh

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Dwi Hadya Jayani 21/07/2021 14:20 WIB
Rasio Penduduk yang Telah Divaksinasi Penuh Covid-19 di Asia Tenggara (19 Juli 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Menurut laporan Our World in Data, Singapura telah melakukan vaksinasi virus corona Covid-19 secara penuh terhadap 47,73% penduduknya hingga 19 Juli 2021. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Kamboja berada di posisi kedua karena telah memvaksinasi penuh 24,71% penduduknya. Kemudian, penduduk Malaysia dan Laos yang telah mendapat dua dosis vaksin masing-masing sebanyak 14,44% dan 9,22%.

Indonesia berada di posisi kelima karena baru memvaksinasi penuh 6% penduduknya. Sedangkan, 9,39% penduduk Indonesia telah mendapatkan vaksin dosis pertama.

Berdasarkan jumlahnya, Satuan Tugas Penanaganan Covid-19 mencatat, 42,3 juta orang telah divaksinasi dosis pertama. Sebanyak 16,34 juta orang di antaranya pun telah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Vaksinasi dapat mencegah angka kesakitan dan kematian akibat corona. Meski demikian, masyarakat tetap harus ikut serta menekan laju penularan corona.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan.

(Baca: Takut Efek Samping Vaksin, Alasan Utama Masyarakat Enggan Divaksinasi Covid-19)

Data Populer
Lihat Semua