Pariwisata Global Masih Terkontraksi pada Kuartal I-2021

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 16/07/2021 15:00 WIB
Kedatangan Turis Internasional pada Kuartal I-2021 (YoY)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Organisasi Pariwisata Dunia (World Tourism Organization/UNWTO) mencatat kedatangan turis internasional turun 83% pada kuartal I-2021 dibanding periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy). Kondisi tersebut terjadi karena masih berlakunya pembatasan wilayah di sejumlah wilayah akibat pandemi virus corona Covid-19.

Asia-Pasifik menjadi wilayah dengan penyusutan kunjungan turis internasional terdalam pada kuartal I-2021, yakni 94% (yoy). Eropa juga mengalami penurunan kunjungan turis internasional sebesar 83% (yoy) pada periode yang sama.

Kunjungan turis internasional ke Afrika dan Timur Tengah masing-masing terkontraksi 81% (yoy) serta 78% (yoy) pada kuartal I-2021. Sedangkan, penurunan kunjungan turis ke Amerika Serikat sebesar 71% (yoy).

Menurut Sekretaris Umum UNWTO Zurab Pololikashvili, vaksinasi virus corona Covid-19 akan berperan penting untuk pemulihan keadaan pariwisata. Namun, perlu juga perbaikan koordinasi dan komunikasi seiring membuat pemeriksaan lebih mudah dan terjangkau.

Adapun, 60% pakar yang disurvei UNWTO memprediksi perbaikan sektor pariwsata internasional akan pulih pada 2022. Sisanya masih melihat potensi pemulihan pada tahun ini.

(Baca: Hanya 8 Kunjungan Turis Asing ke Bali pada Mei 2021)

Data Populer
Lihat Semua