Inflasi Amerika Serikat Capai 5,4%, Tertinggi dalam 13 Tahun Terakhir

Ekonomi & Makro
1
Andrea Lidwina 14/07/2021 15:30 WIB
Pertumbuhan Consumer Price Index di Amerika Serikat (y-o-y)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Amerika Serikat mencatatkan inflasi atau pertumbuhan Indeks Harga Konsumsi (Consumer Price Index/CPI) secara tahunan sebesar 5,4% pada Juni 2021. Angka tersebut mencetak rekor tertinggi dalam 13 tahun terakhir.

Melansir Bloomberg, kenaikan harga kendaraan bekas menyumbang hingga sepertiga dari pertumbuhan CPI pada bulan lalu. Inflasi juga dipengaruhi oleh peningkatan harga kamar hotel, sewa mobil, pakaian jadi, dan tiket pesawat imbas pemulihan ekonomi.

Sementara itu, CPI meningkat sebesar 0,9% pada Juni 2021 dibandingkan bulan sebelumnya. Pertumbuhan ini juga menjadi yang tertinggi sejak Juni 2008 saat indeks mengalami kenaikan sebesar 1%.

Inflasi atau pertumbuhan CPI pada bulan keenam tahun ini melampaui proyeksi para ekonom dalam survei Bloomberg. Mereka memprediksi inflasi mencapai 0,5% secara bulanan dan 4,9% secara tahunan.

Meski begitu, inflasi yang tinggi diperkirakan bersifat sementara. Sebab, hal itu terjadi karena adanya peningkatan harga yang terlalu besar pada beberapa kategori barang.

(Baca: 244 Perusahaan AS Tumbang Akibat Pandemi, Terbesar Setelah Krisis Global 2009)

Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.