Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap di Aceh Kurang dari 50%, Terendah Nasional

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 13/07/2021 12:46 WIB
10 Provinsi Terendah Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Bayi (2019)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Imunisasi merupakan hal yang sangat diperlukan oleh bayi agar memiliki kekebalan untuk melawan berbagai jenis penyakit seperti campak, polio, dan hepatitis. Namun masih banyak provinsi yang belum optimal dalam mencapai pemenuhan imunisasi dasar lengkap pada bayi.

Menurut catatan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019, Aceh merupakan provinsi terendah dalam cakupan imunisasi dasar lengkap pada bayi yaitu hanya 49,6%. Artinya, lebih dari setengah bayi di Aceh tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

(Baca Selengkapnya: Lokasi Pilihan Masyarakat Lakukan Imunisasi Covid-19)

Provinsi terendah selanjutnya adalah Maluku dengan persentase 58,8%, kemudian Papua Barat 68%, Kalimantan Utara 71,2%, dan Papua 71,7%. Sementara persentase nasional adalah 92,3%. Angka ini mengalami kenaikan dari tahun 2018 yang sebesar 90,61%.

Faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya cakupan imunisasi dasar antara lain lokasi imunisasi, usia ibu, tingkat pendidikan ibu, tingkat pendapatan keluarga, kepercayaan terhadap dampak buruk pemberian imunisasi, tradisi keluarga, dan dukungan keluarga.

Program imunisasi dasar lengkap menurut Peraturan Kementerian Kesehatan No. 42 Tahun 2013 wajib diberikan pada bayi sebelum usia satu tahun, yang terdiri dari pemberian imunisasi BCG, DPT-HB-HiB, hepatitis B, polio, IPV, dan lain-lain.

Data Populer
Lihat Semua