Aktivitas di Hong Kong Paling Mendekati Level Sebelum Pandemi

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Andrea Lidwina 08/07/2021 16:30 WIB
10 Negara dengan Skor Tertinggi dalam Global Normalcy Index (per 30 Juni 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Aktivitas penduduk di berbagai negara belum kembali normal seperti sebelum pandemi virus corona Covid-19. Ini sebagaimana terlihat dari skor negara pada Global Normalcy Index yang masih di bawah 100 atau level pra-pandemi. Meski demikian, Hong Kong punya nilai yang mendekati level tersebut, yakni 96,3.

Tingkat kenormalan aktivitas di Selandia Baru menempati posisi berikutnya, yakni 87,8. Pakistan dan Nigeria sama-sama berada di kisaran 84. Sedangkan, tingkat kenormalan aktivitas di Ukraina dan Romania masing-masing sebesar 83,6 dan 82,1.

Tingkat kenormalan aktivitas di Denmark tercatat sebesar 81,3, Di Mesir, tingkat kenormalan aktivitasnya mencapai 81,2. Nilainya untuk Israel dan Meksiko pun tak jauh berbeda, masing-masing sebesar 80,4 dan 80,2.

Adapun, tingkat kenormalan aktivitas secara global sebesar 66 atau sudah separuhnya menuju level pra-pandemi. Beberapa aktivitas yang mulai pulih adalah kemacetan di kota dan menghabiskan waktu di luar rumah.

(Baca: Mayoritas UMKM Sudah Beroperasi Normal pada Maret-April 2021)

The Economist mengukur indeks ini dengan tiga indikator. Pertama, transportasi dan perjalanan, seperti kemacetan, penggunaan transportasi publik, dan jumlah penerbangan.

Kedua, rekreasi dan hiburan yang meliputi durasi waktu ke luar rumah, pendapatan bioskop, serta jumlah penonton pada pertandingan olahraga. Ketiga, ritel dan pekerjaan yang meliputi jumlah pengunjung toko serta okupansi karyawan perkantoran.

Data Populer
Lihat Semua