Sistem Kesehatan Singapura Dianggap Paling Siap Hadapi Kondisi Darurat Kesehatan

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 05/07/2021 18:00 WIB
Keyakinan terhadap Ketahanan Sistem Kesehatan dalam Kondisi Darurat di Masa Depan
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Penelitian Pew Research Center melaporkan hasil riset yang berfokus pada sikap publik terhadap pandemi Covid-19 dan tingkat kepercayaan publik terhadap sistem kesehatan suatu negara dalam menghadapi kondisi darurat di masa depan. Hasilnya, 93% responden mengatakan sistem kesehatan di Singapura yang paling siap dalam menghadapi krisis kesehatan di masa datang. 

Sebanyak 88% publik juga menganggap sistem kesehatan di Taiwan akan mampu menghadapi kondisi darurat di masa depan. Di posisi ketiga, publik mempercayai sistem kesehatan di Australia dengan 86% responden dan kemudian Swedia dengan 83% responden.

Dari sederet negara itu, Amerika Serikat (AS) berada di posisi 17 dengan tingkat keyakinan terhadap sistem kesehatan paling rendah. Sebab hanya 55% responden yang menyatakan yakin terhadap sistem kesehatan negara Pam Sam tersebut.

Nilai tengah atau median rasa optimis responden terhadap sistem kesehatan menghadapi kondisi darurat mendatang mencapai 75%. Meski demikian, median responden yang tak yakin akan sistem kesehatannya sebesar 24%.

(Baca: Mayoritas Negara Wajibkan Vaksinasi bagi Anak)

Pew Research Center menyebar survei pada 17 negara dengan perekonomian yang maju di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Sebanyak 2.596 responden berasal dari AS, sementara sisanya berjumlah 16.254 responden. Penelitian tersebut fokus pada sikap publik terhadap pandemi Covid-19.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua