Daftar Negara Terbersih Sedunia, Indonesia Urutan Berapa?

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Monavia Ayu Rizaty 29/06/2021 15:40 WIB
10 Negara dengan Skor Environmental Performance Index Tertinggi Tahun 2020 (Poin)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Universitas Yale dan Universitas Columbia bekerja sama dengan Forum Ekonomi Dunia beberapa waktu lalu merilis hasil riset negara-negara yang paling bersih di dunia pada 2020. Hasilnya, Denmark dinyatakan sebagai negara dengan tingkat kebersihan dan keramahan lingkungan nomor satu di dunia dari 180 negara yang diriset.

Denmark dinobatkan sebagai negara terbesih sedunia dengan dengan skor Environmental Performance Index (EPI) sebesar 82,5 poin. Diurutan kedua negara terbersih sedunia, ada Luxembourg dengan skor EPI 82,3 poin. Disusul Swiss dengan skor 81,5 poin, Britania Raya dengan skor 81,3 poin, dan Perancis dengan skor 80 poin. Sebagai informasi, Indonesia hanya berada di posisi 116 dengan skor 37,8 poin.

Posisi Denmark sebagai negara terbersih nomor satu dunia tidak lepas dari upaya pemerintah dan masyarakatnya dalam menerapkan prinsip sustainability, menjaga kebersihan dan penggunaan air, dan memerangi perubahan iklim.

(Baca Selengkapnya: Investasi Hijau Kian Populer)

Masyarakat Denmark pun menjadikan kesadaran terhadap lingkungan sebagai bagian dari gaya hidup. Misalnya, sebanyak 50% masyarakat Denmark pergi bekerja setiap hari dengan menggunakan sepeda. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi emisi CO2 yang dapat mencemari udara.

Dalam mengukur tingkat kebersihan lingkungan, Environmental Performance Index (EPI) menetapkan 24 indikator kinerja di sepuluh kategori yang mencakup kesehatan lingkungan dan vitalitas ekosistem. Kategori tersebut meliputi kualitas udara, air dan sanitasi, keanekaragaman hayati, dan keberlanjutan lingkungan.

Editor : Annissa Mutia
Data Populer
Lihat Semua