Investasi Hijau Kian Populer

Ekonomi & Makro
1
Alfons Yoshio 04/06/2021 20:00 WIB
Aset Investasi Berkelanjutan Global
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Tren investasi berkelanjutan di pasar global menujukkan peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai investor di seluruh dunia semakin menganggap pentingnya praktik investasi yang mengedepankan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG).

Laporan Global Sustainable Investment Alliance (GSIA) 2018 menunjukkan total investasi berbasis ESG sudah melampui 30 miliar dolar AS, naik dari sekitar 22 miliar dolar AS pada 2016. Eropa menjadi lahan investasi berkelanjutan paling besar diikuti Amerika Serikat, Kanada, dan Australia serta Selandia Baru.

Sementara Jepang menunjukan peningkatan investasi berkelanjutan hingga lima kali lipat sejak 2016 hingga 2018. Proporsi investasi hijau di Negeri Sakura juga naik drastis dari 3,4 persen (dibanding total investasi) menjadi 18,3 persen pada periode yang sama.

Di negara-negara Eropa, investasi hijau senilai 14 miliar dolar AS mengambil 48,8 persen proporsi dari total investasi. Sementara di Kanada investasi hijau sekitar 1,7 miliar dolar AS mengambil proporsi 50,6 persen. Tren ini menunjukkan terus meningkatnya transisi ke investasi hijau di berbagai negara.

Data Populer
Lihat Semua