Mayoritas Warga Asing Positif Covid-19 di RI dari India

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 05/06/2021 15:00 WIB
WNA Positif Covid-19 di Indonesia Menurut Negara Asal (28 Desember 2020-30 Mei 2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Kementerian Kesehatan mencatat, terdapat 60 warga negara asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia dengan status positif virus corona Covid-19 sepanjang 28 Desember 2020 hingga 30 Mei 2021. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan WNA berstatus positif corona dari negara lainnya.

Kasubdit Karantina Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Benget Saragih mengatakan, salah satu WNA asal India tersebut membawa varian baru corona B.1.617. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memasukan varian tersebut masuk dalam kategori variant of concern lantaran terbukti menular lebih cepat.

Selain dari India, WNA dari Qatar dan Uni Emirat Arab juga masuk ke Indonesia saat terjangkit corona. Jumlahnya masing-masing sebanyak 41 orang dan 37 orang. Kemudian, 28 WNA dari Jepang yang datang ke tanah air juga terdeteksi positif corona.

(Baca: WNI dari Arab Saudi Paling Banyak Terjangkit Covid-19)

Pemerintah terus mengimbau semua orang agar mematuhi protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, masyarakat diharapkan menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Data Populer
Lihat Semua