Persepsi Konsumen terhadap Kondisi Ekonomi Makin Membaik pada April 2021

Keuangan
1
Yosepha Pusparisa 11/05/2021 17:00 WIB
Perkembangan Komponen Indeks Kondisi Ekonomi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi makin membaik pada April 2021. Ini tecermin dari Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) yang sebesar 80,3 poin pada April 2021, naik dari 72,6 poin pada bulan sebelumnya.

Peningkatan IKE ditopang kenaikan seluruh komponen. Secara rinci, Indeks Penghasilan Saat Ini tercatat sebesar 88,4 pada April 2021, naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 78,2 poin.

Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat mengalami peningkatan dari 59,6 poin menjadi 68 poin pada April 2021. Sementara, Indeks Pembelian Durable Goods naik dari 80 poin menjadi 84,6 poin pada bulan lalu.

Persepsi konsumen akan penghasilan saat ini menggeliat dari setengah tahun sebelumnya karena para pekerja mengantongi tunjangan hari raya (THR). Ditambah lagi, usaha tengah mengalami kenaikan omzet semasa Ramadan dan Idul Fitri. Kondisi-kondisi itu dianggap berhasil memperbaiki penghasilan masyarakat.

Ketersediaan lapangan kerja dari semua kelompok pendidikan mulai membaik, khususnya yang berlatar belakang akademi. Seluruh kelompok usia juga mengalami peningkatan indeks.

Kondisi penghasilan serta ketersediaan lapangan kerja yang berbenah, mendorong masyarakat membeli barang tahan lama. Contohnya seperti barang elektronik dan perabot rumah tangga.

(Baca: Keyakinan Konsumen Masuk Zona Optimistis pada April 2021)

Data Populer
Lihat Semua