Mayoritas UMKM Berikan Promosi Gratis Ongkir di Marketplace

Ekonomi & Makro
1
Cindy Mutia Annur 04/05/2021 15:30 WIB
Ragam Promosi yang Dilakukan UMKM di Marketplace Selama Pandemi (Mei 2020)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Riset Katadata Insight Center (KIC) menunjukkan, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di marketplace memberikan beragam promosi di tokonya. Promosi yang paling banyak diberikan berupa gratis ongkos kirim, sebagaimana disampaikan oleh 66% responden.

Sebanyak 57% responden memberikan diskon, 32% cashback, dan 18% flash sale. Sementara, 8% responden tidak memberikan promosi apa pun di tokonya.

Adapun, sejumlah pelaku UMKM mengaku terbantu dengan berbagai program yang diadakan oleh marketplace saat pandemi Covid-19. Sebanyak 50% responden mengaku terbantu dengan promosi hari khusus dari Shopee, seperti Shopee 12.12, Shopee 3.3, dan Gajian Sale.

Sebanyak 12% responden mengaku terbantu dengan promosi khusus dari Tokopedia seperti Waktu Indonesia Belanja. Kemudian, 5% responden terbantu dengan program diskon cashback dari Bukalapak untuk pelanggan fitur super seller. Sementara, 4% responden terbantu dengan hari promosi khusus dari Lazada, seperti Lazada 12.12 dan Lazada 3.3.

(Baca: Promo Diskon Paling Pengaruhi Konsumen Pilih E-Commerce Tertentu)

Riset KIC bertajuk "MSME Study Report 2021: Peran Marketplace bagi UMKM" dilakukan terhadap 392 UMKM di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta dan Medan. Survei dilakukan pada periode 24 Maret hingga 9 April 2021.

Data Populer
Lihat Semua