Gaji Manajemen Produk Startup Indonesia di Bawah Singapura dan Vietnam

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 07/04/2021 15:20 WIB
Upah Manajemen Produk Startup
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Manajemen produk merupakan salah satu pekerjaan paling strategis dalam struktur perusahaan rintisan (startup). Dalam laporan Monk’s Hill Ventures dan Glints, manajemen produk startup di Indonesia dibayar dua kali lebih tinggi dari peran non-teknis.

Meski demikian, rentang gaji manajemen produk di Indonesia masih di bawah Vietnam dan Singapura. Manajer produk senior di Indonesia memiliki harga pasaran mencapai US$ 3.000 atau Rp 43,5 juta per bulan dengan kurs Rp 14.500/USD.

Dengan jabatan yang sama, pekerja asal Vietnam mendapat US$ 5.000 atau Rp 72,5 juta per bulan. Sementara, manajer produk senior di Singapura tercatat memiliki gaji sebesar US$ 6.900 atau Rp 100,1 juta per bulan.

Desainer UI/UX senior di startup memiliki rentang gaji yang berbeda pula di ketiga negara. Desainer UI/UX senior asal Indonesia mendapat gaji sebesar US$ 1.700 atau setara Rp 24,7 juta per bulan.

Di Vietnam, desainer UI/UX senior mengantongi upah masing-masing sebesar US$ 4.000 atau Rp 58 juta per bulan. Adapun,  desainer UI/UX di Singapura mendapatkan gaji sebesar US$ 7.000 atau Rp 101,5 juta per bulan.

(Baca: Startup Mana yang Punya Pendanaan Terbesar di Asia Pasifik?)

Monk’s Hill Ventures dan Glints melakukan wawancara mendalam dengan lebih dari 20 pendiri startup di Singapura, Indonesia, dan Vietnam. Survei juga dilakukan pada lebih dari 175 pekerja teknologi dan non-teknologi startup yang masih relevan dengan kondisi pasar. Startup yang terpilih berada di tahap pendanaan venture capital (seed stage kurang dari US$ 50 juta).

Data Populer
Lihat Semua