Melunasi Tagihan, Kebutuhan Prioritas Konsumen saat Pagebluk

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 23/03/2021 15:40 WIB
Kebutuhan Konsumen Terkait Keuangan Kala Pandemi
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pandemi Covid-19 memukul sebagian besar masyarakat, sehingga persoalan finansial menjadi salah satu isu utama yang dihadapi. Mayoritas masyarakat menganggap melunasi tagihan atau utang adalah prioritas utamanya. Kondisi tersebut dikemukakan 52,2% responden, seperti tertulis dalam hasil survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Cash Pop.

Kebutuhan konsumen selanjutnya terkait persoalan finansial adalah belajar mengelola keuangan, yang dikemukakan 44,6% responden. Responden yang menganggap belajar cara berinvestasi dan pengelolaan keuangan dalam jaringan (daring) menjadi kebutuhan masing-masing sebesar 27,3% dan 15,5%.

KIC bersama Cash Pop melakukan survei guna mengetahui perilaku keuangan konsumen selama pandemi Covid-19. Survei tersebut dilakukan secara daring terhadap 2.491 responden di 34 provinsi Indonesia pada 26 Februari-1 Maret 2021.

(Baca: Survei KIC: Mayoritas Pengeluaran Konsumen Lampaui Pendapatan saat Pandemi)

Data Populer
Lihat Semua