Daya Saing Digital Jakarta Masih yang Terbaik di Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
1
Yosepha Pusparisa 15/03/2021 14:30 WIB
Indeks Daya Saing Digital (EV-DCI) per Provinsi (2021)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

DKI Jakarta masih bertahan sebagai provinsi dengan Indeks Daya Saing Digital (East Ventures Digital Competitiveness Index/EV-DCI) terbaik di Indonesia pada 2021. Ibu kota negara berhasil mengantongi 77,6 poin dalam skala 0-100 poin. Meski demikian, skornya menurun 2,1 poin dari tahun sebelumnya.

Jawa Barat dan Jawa Timur menyusul dengan 57,1 poin dan 48 poin. Sementara itu, Bali tepat di bawahnya melejit hingga tiga peringkat, naik 7,1 poin dari 2020. EV-DCI provinsi tersebut mencapai 47,7 poin pada tahun ini.

(Baca: Tingkat Kesopanan Netizen Indonesia Paling Buruk Se-Asia Pasifik)

Secara keseluruhan, EV-DCI di Indonesia menunjukkan perbaikan karena makin meratanya daya saing digital antar-provinsi. Kondisi tersebut dibuktikan dari meningkatnya skor EV-DCI dari 27,9 poin pada 2020 menjadi 32,1 poin pada 2021. Pencapaian ini didorong oleh pembangunan infrastruktur dan bertambahnya pengeluaran teknologi informasi dan komunikasi.

EV-DCI merupakan hasil kolaborasi East Ventures dengan Katadata Insight Center (KIC) guna mengukur perbandingan daya saing digital pada seluruh provinsi di Indonesia. Total terdapat 53 indikator yang menjadi pedoman penghitungan hasil, seperti sumber daya manusia, perekonomian, dan infrastruktur.

Data Populer
Lihat Semua