Ragam Alasan Masyarakat Menilai Kinerja KPK Baik

Alasan Publik Menilai Kinerja KPK Baik

Sumber : Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (Kedai Kopi), 25 Januari 2021

Disalin..

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

26/1/2021, 16.50 WIB

Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan, 85,5% masyarakat Indonesia menilai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah baik pada saat ini. Hanya 14,5% responden yang menganggap kinerja KPK belum baik.

Sebanyak 55,1% responden yang menganggap kinerja KPK baik beralasan, komisi antirasuah telah berhasil menangkap banyak koruptor. Sebanyak 14% responden menilai kinerja KPK terbukti. Sebanyak 5,5% responden yang menganggap KPK tegas dan berani melawan korupsi.

Ada 2,7% responden menilai KPK telah membuat korupsi berkurang. Sebanyak 1,7% responden menilai tingakan KPK cepat atau sigap. Sebanyak 1,6% responden menganggap KPK independen dan berintegritas.

(Baca: Publik Lebih Percaya TNI daripada Presiden)

Kemudian, 1,1% responden menilai KPK berhasil menanamkan nilai anti-korupsi. Sebanyak 0,2% responden menilai KPk telah melakukan pemberantasan korupsi hingga ke daerah. Sedangkan, 15,3% responden tidak memberikan alasan saat menganggap KPK telah berkinerja baik.

KedaiKOPI melakukan survei tatap muka terhadap 2.000 responden di seluruh Indonesia pada 4-11 Januari 2021. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) survei sebesar 2,19% dengan tingkat kepercayaan 95%.

 

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.