1,52% Pelaku Usaha E-Commerce Berperan Sebagai Dropshipper pada 2019

Pelaku Usaha E-Commerce Menurut Peran Usaha (2019)

Sumber : Badan Pusat Statistik (BPS), 24 Desember 2020

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Muhammad Ahsan Ridhoi

28/12/2020, 13.13 WIB

Sebanyak 1,52% pelaku usaha E-Commerce berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli atau dikenal sebagai dropshipper pada 2019. Sementara yang berperan sebagai penjual akhir atau seller sebanyak 82,51%. Adapun yang menjadi reseller atau penjual kembali sebanyak 15,97%.

(Baca: Mayoritas Anak Muda Berbelanja di E-Commerce untuk Hemat Waktu)

Survei tersebut dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik dengan judul "Statistik E-Commerce 2020". Survei ini diselenggarakan pada 101 kabupaten/kota di Indonesia. Sampel didasarkan pada jumlah perusahaan yang menerima pesanan melalui internet dengan sampel sebanyak 17.063 perusahaan. Perusahaan ini terdiri dari 16.180 hasil survei E-Commerce 2019 dan 883 hasil crawling marketplace di DKI Jakarta.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.