Selandia Baru Paling Mampu Bertahan dari Pandemi Covid-19

Layanan konsumen & Kesehatan
1
Yosepha Pusparisa 30/11/2020 14:00 WIB
Skor Ketahanan terhadap Covid-19
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Setiap negara mempunyai kebijakan penangana berbeda terhadap pandemi Covid-19. Sikap dan tindakan tiap negara berimplikasi pada ketahanan masyarakat dan bisnis terhadap wabah. 

Selandia Baru mendapat predikat sebagai negara yang paling mampu mengatasi pandemi Covid-19. Hingga 23 November 2020, negara itu hanya memiliki dua kasus baru per 100 ribu populasi dalam sebulan. Tingkat fatalitas pun dapat ditekan hingga menyisakan lima kematian per sejuta populasi. Secara keseluruhan, Selandia Baru mengumpulkan skor ketahanan terhadap Covid-19 sebesar 85,4 poin.

Selain itu, Indonesia juga masuk dalam daftar penilaian Bloomberg. Negara ini mengantongi skor ketahanan terhadap Covid-19 sebesar 66,1 poin, tepat di bawah Amerika Serikat. Akses terhadap vaksin Covid-19 turut mendongkrak skor Tanah Air karena mampu menyediakan empat merek. Sedangkan secara keseluruhan, total vaksin yang disediakan negara lain untuk masyarakatnya maksimal berjumlah lima merek.

(Baca: Sudahkan Kebijakan Covid-19 Pemerintah Dunia Sesuai Bukti Ilmiah?)

Bloomberg menyusun Peringkat Ketahanan terhadap Covid berdasarkan 10 metrik, mulai dari pertumbuhan kasus hingga tingkat kematian, kemampuan tes dan perjanjian suplai vaksin. Selain itu, Bloomberg juga melihat dari kapasitas sistem kesehatan lokal, dampak pembatasan wilayah pada ekonomi, dan kebebasan masyarakat untuk bergerak.

Data Populer
Lihat Semua