Riset KIC: Produk Busana Paling Diburu Konsumen E-Commerce

Jumlah & Nilai Transaksi Produk (2019)

Sumber : Katadata Insight Center (KIC), Juli 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

7/8/2020, 13.35 WIB

Produk fashion atau busana beserta aksesorinya merupakan barang yang paling banyak dibeli konsumen. Setidaknya 30% transaksi didominasi produk tersebut. Masyarakat saat ini menginginkan produk yang lebih beragam dan mengikuti tren terbaru, sehingga produk busana banyak diburu konsumen. Selain itu, produk tersebut juga dapat dibeli dengan harga terjangkau. Nilai transaksi produk busana dan aksesori hanya 18%.

Sementara itu, lebih dari seperempat nilai transaksi dikuasai produk gawai dan aksesorinya. Nilainya mencapai 33%, meski jumlah transaksinya hanya 9%. Sebab rata-rata nilai gawai per transaksinya mencapai Rp 692.481.

(Baca: Pengunjung Situs Shopee Terbesar di Indonesia)

Katadata Insight Center bekerja sama dengan Kredivo melakukan riset terhadap perilaku konsumen e-commerce di Indonesia. Riset tersebut menjangkau lebih dari 10 juta sampel transaksi di sejumlah marketplace (Blibli, Bukalapak, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia). Data berasal dari hampir satu juta pengguna Kredivo pada Januari hingga Desember 2019.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.