Negara Terbaik Penanganan Covid-19, Indonesia Urutan 7 di Asia Tenggara

Peringkat Negara Teraman dari Covid-19 di Asia Tenggara

Sumber : Deep Knowledge Group, 9 Juni 2020

Disalin..

Penulis: Yosepha Pusparisa

Editor: Safrezi Fitra

10/6/2020, 14.10 WIB

Menurut Deep Knowledge Group (DKG), Singapura merupakan negara dengan penanganan Covid-19 terbaik di Asia Tenggara. Negara tersebut mengumpulkan 744 poin sehingga berada di posisi ke-4 dunia. Keberhasilan Singapura didukung kemampuan manajemen risiko pemerintah.

Vietnam yang juga diakui dalam kesigapannya menghadapi pandemi Covid-19 dengan skor 637 poin atau di posisi 20 dunia. Vietnam berhasil melakukan tes masif dan aktif melacak kontak dari para pasien yang dinyatakan positif Covid-19. Sementara itu, Indonesia berada di peringkat 97 dunia atau posisi 7 di Asia Tenggara dengan 450 poin, tepat di bawah Myanmar dengan 482 poin. 

(Baca: 10 Negara Terbaik dalam Menangani Wabah Covid-19)

DKG melakukan penilaian terhadap tingkat keamanan (keselamatan) dari 200 negara di dunia. Penilaiannya berdasarkan enam kategori, yakni efisiensi karantina, manajemen risiko oleh pemerintah, pemantauan dan deteksi, kesiapan kesehatan, ketahanan regional, dan kesiapan keadaan darurat. Kategori-kategori itu terbagi lagi ke dalam 30 indikator dan 130 parameter.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.