Ekonomi Melemah, Kemiskinan Bertambah Akibat Covid-19

Proyeksi Tingkat Kemiskinan Indonesia 2020

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Safrezi Fitra

29/4/2020, 10.13 WIB

Penyebaran virus corona (Covid-19) telah menginfeksi jutaan orang di dunia. Pandemi ini juga berdampak terhadap kinerja perekonomian dan berpotensi menyebabkan resesi global. The SMERU Research Institute dalam laporannya yang berjudul “The Impact of Covid-19 Outbreak on Poverty: An Estimation for Indonesia” menunjukkan pelemahan ekonomi akibat Covid-19 berdampak terhadap peningkatan penduduk miskin di Indonesia.

Pada skenario terburuk, jika ekonomi tumbuh hanya 1%, maka tingkat kemiskinan Indonesia mencapai 12,37%. Angka ini meningkat dari 2019 yang memiliki tingkat kemiskinan satu digit sebesar 9,22%. Laporan tersebut menjelaskan kemajuan Indonesia dalam mengurangi angka kemiskinan dalam satu dekade terakhir akan musnah. Maka dari itu, pemerintah perlu memperluas program perlindungan sosial untuk melindungi penduduk miskin yang semakin bertambah.

(Baca: Proyeksi Pemerintah, Ekonomi Indonesia 2020 Tumbuh 2,3%)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.