Ojek Online, Alokasi Pembayaran Digital Terbesar bagi Milenial dan Gen Z

Tujuan Penggunaan Digital Payment oleh Milenial dan Gen Z

Sumber : Alvara Research Center, IDN Research Institute, 13 Januari 2020

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Safrezi Fitra

17/1/2020, 09.28 WIB

Pembayaran digital terbesar bagi milenial dan gen z dialokasikan untuk ojek online sebesar 78,3%. Sisanya, digunakan untuk pulsa handphone (28,2%), listrik (11,7%), tiket pesawat/kereta (6,3%), karcis bioskop (6%), dan internet/tv kabel (4%). Hal ini menunjukkan, milenial dan gen z semakin menjauhi transaksi tunai.

Riset Alvara menunjukkan bahwa 19,5% masyarakat Indonesia telah menggunakan pembayaran digital. Hal ini menunjukkan 2 dari 10 masyarakat Indonesia menggunakan pembayaran digital untuk alat pembayaran. Tingkat penetrasi tertinggi terdapat di milenial sebesar 23,8% dan gen z sebesar 20,6%. Sementara gen x hanya 12,8%.

(Baca: Survei Alvara: Gojek Jadi Ojek Online Favorit Milenial)

Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara tatap muka yang melibatkan 1.800 responden berusia 14-55 tahun. Komposisi sampel sesuai dengan demografi penduduk Indonesia. Metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan rumah tangga sebagai unit terkecil.

Margin of error dalam penelitian ini sebesar 1,8% pada selang kepercayaan 95%. Penelitian ini diselenggarakan pada 12-31 Agustus 2019.

data terkait