Inilah Negara-negara yang Sudah Menerapkan Industri 4.0

Jumlah Perusahaan yang Sudah Terapkan Industri 4.0

Sumber : World Economic Forum, 3 Juli 2019

Disalin..

Penulis: Andrea Lidwina

Editor: Safrezi Fitra

14/10/2019, 15.00 WIB

World Economic Forum mencatat ada 26 perusahaan di dunia yang telah menerapkan industri 4.0 per Juli 2019. Perusahaan-perusahaan itu paling banyak berada di Tiongkok, yaitu Siemens, Danfoss, Haier, Maxus, Bosch, dan Foxconn; atau sebanyak enam perusahaan.

Indonesia termasuk dalam 26 negara tersebut. Ada dua perusahaan di Tanah Air yang sudah bertransformasi menuju industri 4.0. Keduanya adalah perusahaan elektronika Schneider Electric di Batam, Kepulauan Riau dan perusahaan tambang Petrosea di Tabang, Kalimantan Timur. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun sempat menjadikan Schneider Electric sebagai role model bagi industri lain dalam penerapan industri 4.0.

(Baca: Sektor Mana yang Paling Siap Terapkan Industri 4.0?)

Beberapa negara yang juga merasakan revolusi industri ini adalah Amerika Serikat, Jerman, Perancis, dan Italia yang masing-masing memiliki dua perusahaan. Lalu, Belanda, Irlandia, Finlandia, Swedia, Republik Ceko, Romania, Korea Selatan, Turki, Arab Saudi, dan India yang sama-sama memiliki satu perusahaan.

(Baca: Di Tingkat ASEAN, Optimisme Penerapan Industri 4.0 Indonesia Peringkat Kedua)

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.