Berapa Persentase Perokok Remaja Perempuan dan Laki-Laki di ASEAN?

Remaja yang Merokok Berdasarkan Gender

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

9/9/2019, 12.54 WIB

Remaja berusia 13-15 tahun di ASEAN yang merokok didominasi oleh laki-laki. Persentase remaja laki-laki perokok tertinggi terdapat di Indonesia, yaitu sebesar 35,3%. Persentase terbesar selanjutnya terdapat di Malaysia sebesar 26,1% disusul Filipina sebesar 20,5%.

Thailand dan Myanmar berada di posisi keempat dan kelima dengan persentase masing-masing sebesar 17,2% dan 17%. Angka tersebut terdapat dalam kajian yang dirilis oleh Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA) dengan judul The Tobacco Control Atlas ASEAN Region.

Remaja perempuan yang memiliki persentase perokok tertinggi terdapat di Filipina sebesar 9,1% dan Thailand sebesar 5,2%. Brunei Darussalam menjadi negara dengan remaja perempuan perokok ketiga terbesar di ASEAN, yaitu sebanyak 4,3%. Sementara Indonesia menempati posisi keempat dengan persentase remaja perempuan perokok sebesar 3,4%.

Persentase terendah untuk remaja laki-laki terdapat di Kamboja sebesar 2,9% dan Vietnam sebesar 4,9%. Sementara untuk remaja perempuan terdapat di Vietnam sebesar 0,9% dan Myanmar sebesar 0,2%.

(Baca Databoks: Angka Remaja Indonesia yang Merokok Tertinggi di ASEAN)

data terkait