Inilah Kota Pelajar Terbaik di Asia Tenggara, Indonesia Kalah dari Malaysia

Peringkat Best Student Cities versi QS Ranking 2019

Sumber : Quacquarelli Symonds (QS) Top Universities, 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

13/8/2019, 09.00 WIB

Berdasarkan QS Best Student Cities 2019, terdapat lima kota di Asia Tenggara yang menjadi kota pilihan terbaik untuk pelajar internasional. Singapura menempati posisi pertama sebagai kota persinggahan terbaik bagi pelajar di Asia dengan skor 416. Jakarta berada di peringkat kelima dengan skor 194.

Meskipun masuk kategori kota terbaik di Asia untuk pelajar versi QS Ranking, peringkat Indonesia masih kalah jauh dari Kuala Lumpur, Malaysia yang menduduki peringkat kedua Asia dengan skor 388. Peringkat ketiga dan keempat ditempati oleh Bangkok, Thailand dan Manila, Filipina dengan skor masing-masing 307 dan 244.

Indikator yang digunakan dalam QS Best Student Cities 2019 adalah pandangan pelajar (student view), ranking universitas (university ranking), keberagaman pelajar (student mix), keinginan (desirability), aktivitas pemberi kerja (employer activity), dan keterjangkauan (affordability).

Secara rinci, skor tertinggi Jakarta terletak pada indikator keterjangkauan sebesar 77 diikuti oleh pandangan pelajar dengan skor 28. Sementara ranking universitas dan keinginan mendapatkan skor 27. Terakhir, indikator keberagaman pelajar mendapat skor 21 sedangkan aktivitas pemberi kerja bernilai paling rendah, yakni 14.

(Baca Databoks: Inilah Universitas Terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking)

 

 

data terkait