Indonesia Masih Menarik Sebagai Tujuan Wisatawan Mancanegara?

Penulis: Viva Budy Kusnandar

Editor: Hari Widowati

4/7/2019, 09.55 WIB

Banyaknya destinasi wisata yang terkenal secara global seperti Bali, Pulau Komodo, Raja Ampat , Danau Toba, dan Bunaken menjadi magnet bagi para wisman berkunjung ke Indonesia.

Indonesia masih menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara (wisman). Ini tercermin dari kedatangan wisman sepanjang 2018 yang tumbuh 12,6% menjadi 15,8 juta kunjungan dari tahun sebelumnya. Banyaknya destinasi wisata di tanah air yang sudah terkenal secara global seperti Bali, Pulau Komodo, Raja Ampat , Danau Toba, dan Bunaken menjadi magnet bagi para wisman berkunjung ke Indonesia.

Baca selengkapnya

Pertumbuhan kunjungan wisman ke Indonesia hanya kalah dari Vietnam, seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Namun, lebih tinggi dari rata-rata kunjungan wisman ke ASEAN (7,4%) maupun pertumbuhan wisman global (5,6%).

Guna menekan defisit transaksi berjalan, pemerintah menargetkan kedatangan wisman sebanyak 20 juta kunjungan dan devisa dari sektor pariwisata sebesar Rp 260 triliun pada tahun ini. Untuk itu diperlukan promosi dan kegiatan pariwisata yang terintegrasi serta perbaikan infrastruktur menuju destinasi wisata di tanah air.

(Baca Databoks: Jumlah Perjalanan Wisatawan Nusantara 2018 Tumbuh 12%)

Tampilkan minimal

Pertumbuhan Kunjungan Wisatawan Mancanegara Beberapa Negara ASEAN 2018

 
  • Sumber

    Kementerian Pariwisata

  • Rilis

    Kementerian Pariwisata 2019

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya