Inilah 10 Perusahaan Publik Terbesar di Dunia

Keuangan
1
Hari Widowati 24/05/2019 12:36 WIB
10 Perusahaan Publik Terbesar di Dunia versi Forbes (US$ miliar)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Forbes pada 15 Mei lalu merilis Forbes 2019 Global 2000 yang merupakan daftar 2 ribu perusahaan publik terbesar di dunia. Industrial and Commercial Bank of China (ICBC) berada di urutan teratas dengan aset US$ 4,03 triliun dan nilai pasar (market value) US$ 305,1 miliar.

Bank terbesar milik pemerintah Tiongkok tersebut membukukan pendapatan sebesar US$ 175,9 miliar dan laba bersih US$ 45,2 miliar. Selama tujuh tahun berturut-turut ICBC menempati posisi pertama di daftar Forbes tersebut.

JPMorgan Chase & Co berada di urutan kedua dengan aset US$ 2,74 triliun dan nilai pasar US$ 368,5 miliar. Institusi keuangan asal Amerika Serikat (AS) tersebut memiliki pendapatan sebesar US$ 132,9 miliar dan laba bersih US$ 32,7 miliar.

Dua bank Tiongkok lainnya masuk dalam daftar lima besar, berturut-turut di posisi ketiga dan keempat adalah China Construction Bank (CCB) dan Agricultural Bank of China. Di urutan kelima ada Bank of America disusul Apple di posisi keenam.

Ping An Insurance Group dan Bank of China menempati posisi ketujuh dan kedelapan. Sementara itu, Royal Dutch Shell menempati urutan ke-9 dan Wells Fargo di posisi ke-10.

(Baca Databoks: BRI Dinobatkan Jadi Perusahaan Publik Terbesar di Indonesia)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua