Lumbung Suara Prabowo di Pilpres 2019 Mayoritas di Sumatra

Politik
1
Dwi Hadya Jayani 21/05/2019 14:57 WIB
Lumbung Suara Prabowo di Pilpres 2019
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menang di 13 provinsi dalam Pilpres 2019. Provinsi yang menjadi lumbung suara emasnya adalah Sumatra Barat dengan perolehan suara sebesar 85,92%, sedangkan Jokowi-Maruf hanya memperoleh 14,08%. Jika dilihat per wilayah, Prabowo-Sandi unggul mayoritas di wilayah Sumatra. Wilayah yang menjadi andalan selain Sumatra Barat adalah Aceh, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, dan Bengkulu. Di Jawa, Prabowo-Sandi unggul di Jawa Barat dan Banten.

Di wilayah Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan, Prabowo-Sandi hanya unggul di NTB dan Kalimantan Selatan. Di Sulawesi, Prabowo berhasil menggeser suara Jokowi dari Pilpres 2014 di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara. Sementara di Maluku-Papua, Prabowo-Sandi hanya berhasil menguasai Maluku Utara.

Jika dibandingkan dengan Pilpres 2014, terdapat peningkatan lumbung suara untuk Prabowo. Daerah tersebut adalah Jambi, Bengkulu, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Kalimantan Selatan yang pada Pilpres 2014 memiliki suara yang berimbang, kini cenderung ke pasangan Prabowo-Sandi. Adapun Gorontalo yang menjadi kampung halaman Sandi dan lumbung suara Prabowo di Pilpres 2014, berbalik arah mengunggulkan Jokowi.

(Baca Databoks: Inilah Lumbung Suara Jokowi di Pilpres 2019)

Editor : Hari Widowati
Data Populer
Lihat Semua