Inilah Lumbung Suara Jokowi di Pilpres 2019

Daerah-daerah yang Menjadi Lumbung Suara Jokowi

Sumber : Komisi Pemilihan Umum (KPU), 21 Mei 2019

Disalin..

Penulis: Dwi Hadya Jayani

Editor: Hari Widowati

21/5/2019, 11.54 WIB

Pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019 berdasarkan rapat pleno hasil rekapitulasi nasional yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Jumlah suara yang sah untuk nomor urut 01 sebesar 85,6 juta suara, sedangkan Prabowo-Sandi sebesar 69,6 juta suara.

Jika dibandingkan dengan Pilpres 2014, Jokowi kehilangan lima lumbung suara. Daerah tersebut adalah Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. Sementara itu, daerah yang berbalik arah mendukung Jokowi adalah Gorontalo.

Pada Pilpres 2019 Jokowi menang di 21 provinsi. Di Pulau Sumatra, Jokowi unggul di Sumatra Utara, Lampung, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau. Di Pulau Jawa Jokowi unggul di DKI Jakarta, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur. Bali dan Nusa Tenggara Timur juga menjadi lumbung suara bagi calon petahana ini.

Di Pulau Kalimantan, Jokowi unggul di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Di Pulau Sulawesi, Jokowi unggul di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, dan Sulawesi Barat. Sisanya, Jokowi unggul di Maluku, Papua, dan Papua Barat, serta TPS luar negeri.

(Baca Databoks: Rekapitulasi Pilpres KPU pada 30 Provinsi, Prabowo Menang di 12 Provinsi)

TOPIK

Politik

data terkait