Mampukah Grand Livina 2019 Mengembalikan Kejayaan Nissan?

Transportasi & Logistik
20/02/2019 11:45 WIB
Penjualan dan Pangsa Pasar Mobil Nissan (2011-2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

PT Nissan Motor Indonesia merilis produk mobil terbarunya All New Grand Livina dan Serena C27 pada Selasa, 19 Februari 2019. Grand Livina 2019 ini masuk dalam segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) yang akan bertarung dengan Xpander (Mitsubishi), Avanza (Toyota), Ertiga (Suzuki), Xenia (Daihatsu) dan Mobilio (Honda). Sementara Nissan Serena C27 masuk kategori premium MVP dan akan bersaing dengan Toyota Voxy.

Kehadiran kedua jenis mobil baru keluaran Nissan diharapkan dapat mendongkrak penjualannya di pasar domestik. Seperti diketahui, penjualan pabrikan otomotif asal Jepang tersebut terus merosot sejak 2013 pasca boomingnya Grand Livina saat itu.  

Pada 2012, penjualan Nissan berhasil menembus 67 ribu unit atau sekitar 6% dari total penjualan mobil nasional. Namun, setelah itu penjualan mobil Nissan terus turun menjadi tinggal 25 ribu unit (2,5%) pada 2015 dan kembali turun menjadi tinggal 6 ribu unit (0,6%) pada 2018. Munculnya mobil keluaran baru serta masuknya pabrikan otomotif asal Tiongkok, Wuling menggerus pangsa pasar Nissan di pasar domestik.

Data Populer
Lihat Semua