Survei Indikator: Basis Pemilih Partai Berkarya dan Demokrat Paling Tidak Solid Dukung Prabowo-Sandi

Politik
24/01/2019 08:57 WIB
Split Ticket Voting Basis Pendukung Koalisi Prabowo-Sandi (Des 2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menunjukkan bahwa basis pemilih partai politik pengusung Koalisi Indonesia Adil Makmur tidak solid mendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Fenomena perilaku pemilih yang memberikan suara kepada pasanan calon yang berbeda dengan yang dicalonkan oleh partai yang mereka dukung disebut split ticket voting.

Dari basis pemilih Partai Berkarya dan Partai Demokrat yang paling tidak solid mendukung Prabowo sandi. Berdasarkan survei tersebut sebanyak 42,1% basis pemilih Partai Berkarya justru mendukung pasangan calon nomor urut 01 sementara 44,8% mendukung Prabowo-Sandi, sisanya tidak memilih. Sementara 40,5% pendukung Partai Demokrat menyeberang memilih pasangan Jokowi-Ma’ruf dan 54,1% tetap memilih pasangan calon nomor urut 02, sisanya tidak memilih.

Survei Indikator dilakukan pada 16-26 Desember 2018 dengan melibatkan 1.220 responden yang tersebar di 17 kota besar Indonesia. Pemilihan sampling menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Data Populer
Lihat Semua