1 dari 5 Millenial Setuju Sistem Khilafah

Persepsi NKRI vs Khilafah Bagi Millennial Menurut IDN Research Institute (2018)

Sumber : IDN Research Institute, Jan 2019

Disalin..

21/1/2019, 21.54 WIB

Dalam laporan IDN Research Institute yang bertajuk Indonesia Millenial Report menunjukkan bahwa 1 dari 5 millenial setuju terhadap sistem pemerintahan khilafah. Berdasarkan hasil survei tersebut sebanyak 19,5% kaum millenial menyatakan Indonesia lebih ideal menjadi negara khilafah. Meskipun secara keseluruhan atau mayoritas sebanyak 81,5% penduduk berusia 20-35 tahun tetap mendukung Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Meskipun secara umum millenial bukan generasi yang menganut paham radikal, tapi ada potensi 19,5% generasi millenial terpapat radikalisme karena lebih banyak mendukung sistem khilafah. Adapun potensi tersebut ada pada millenial senior dan millennial wanita.

Survei IDN Research Institute dilakukan pada 20 Agustus-6 September 2018 dengan melibatkan 1.400 responden di 12 kota besar di Indonesia. Pengambilan sampling menggunakan metode multistage random sampling dengan metode interview face to face interview dan margin of error sebesar 2,62%.

TOPIK

Politik

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.