36% Perempuan Indonesia Memilih Menjadi Pengusaha

Prevalensi Berbisnis Berdasarkan Gender dan Wilayah

Sumber : World Bank, 2016

Disalin..

30/11/2018, 12.33 WIB

Berdasarkan laporan Women Entrepreneurs in Indonesia yang digarap oleh The World Bank dan Kementerian Bappenas 2016, Indonesia memiliki 55 juta penduduk yang bergerak di skala usaha mikro, kecil dan menengah. Menurut data Global Entrepreneurship Monitor tahun 2014, dari populasi 85 juta jiwa perempuan usia produktif di Indonesia, 26 persen di antaranya merupakan pengusaha aktif.

Laporan itu juga menyebutkan, sebanyak 36 persen dari total perempuan Indonesia pada usia kerja lebih memilih untuk menjadi pengusaha. Mayoritas pengusaha perempuan tersebut bergerak di sektor informal, atau pada sektor semi formal. Dibandingkan dengan negara lain, tingkat perempuan yang memilih menjadi pengusaha di Indonesia lebih tinggi daripada Malaysia, China dan India. Menurut laporan, kebanyakan perempuan lebih suka membuka usaha mikro, kecil, dan menengah dalam sektor informal lantaran kesulitan menembus sektor formal.

 This article was produced in partnership with Investing in Women an initiative of the Australian Government that promotes women’s economic empowerment in South East Asia.

data terkait