Survei Median: Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Unggul Tapi Masih Di Bawah 50 Persen

Politik
27/11/2018 16:56 WIB
Elektabilitas Capres dan Cawapres Pada Pemilu Presiden 2019
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Hasil sigi nasional Media Survei Nasional (Median) terbaru menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf) unggul dibanding pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga). Elektabilitas pasangan Jokowi-Ma’ruf meraih 47,7% suara sementara lawannya pasangan Prabowo-Sandiaga hanya 35,5% suara dan sisanya 16,8% suara belum menentukan pilihan.

Meskipun pasangan calon dengan nomor urut 01 unggul, tapi perolehan suaranya masih di bawah 50% dan selisih dengan pesaingnya hanya 12%. Masalah ekonomi dan kesejahteraan masih menjadi perhatian masyarakat terhadap kinerja Jokowi selama ini menjadi penyebab raihan suara calon presiden petahana masih di bawah 50%. Biasanya, elektabilitas calon petahana sekitar 60-70% untuk dapat mempertahankan kepemimpinannya.

Sementara elektabilitas pasangan calon presiden dengan nomor urut 02 masih rendah karena ada beberapa hal yang tidak disukai oleh masyarakat. Antara lain karena Prabowo dianggap keras, ambisius, kinerja belum terbukti, tidak punya istri serta pelanggar HAM. Survei Median tersebut dilakukan pada 4-16 November 2018 dengan melibatkan 1.200 responden dengan margin of error +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

 

Data Populer
Lihat Semua