SMRC: Elektabilitas Prabowo-Sandiaga Separuh dari Pasangan Jokowi-Ma’ruf

Politik
08/10/2018 11:29 WIB
Elektabilitas Pasangan Capres dan Cawapres Pemilihan Presiden 2019 survei SMRC (7-14 Sep 2018)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres/cawapres) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (Prabowo-Sandiaga) tertinggal jauh dengan dari pesaingnya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin (Jokowi-Ma’ruf). Tingginya elektabilitas serta kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi membuat capres petahana yang berpasangan dengan KH Ma’ruf Amin mampu mengungguli kompetitornya.   

Hasil survei terbaru lembaga survei Saiful Mujani Research Center (SMRC) menunjukkan pasangan Prabowo-Sandiaga hanya memperoleh 28,9% suara responden atau hanya separuh dari raihan Jokowi-Ma’ruf yang mencapai 60,4% suara. Sisanya, sebanyak 9,8 responden tidak menjawab/tidak tahu (TT/TJ). Dari hasil tersebut, butuh kerja keras bagi pasangan Prabowo-Sandiaga untuk mengejar ketertingalan dalam enam bulan kedepan sebelum pelaksanaan pemilihan presiden pada April 2019.

Survei SMRC dilakukan pada 7-24 September 2018 dengan melibatkan 1.074 responden di seluruh Indonesia. Pengambilan sampling menggunakan metode multistage random sampling dan tatap muka dengan responden dilakukan dengan wawancara. Adapun margin of error sekitar 3,05% dengan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Data Populer
Lihat Semua