SMRC: 10 Tokoh Peraih Skor Tertinggi untuk Calon Wakil Presiden

Rata-Rata Skor Kualitas Personal (Menurut Elite) Survei SMRC Mei 2018

Sumber : Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Mei 2018

Disalin..

7/7/2018, 11.10 WIB

Saiful Mujani Reseach & Consulting melakukan survei untuk melihat siapa saja tokoh nasional yang mendapat perhatian masyarakat di posisi calon wakil presiden. Hasilnya, penilaian tertinggi, nama Joko Widodo masih layak menempati posisi teratas sebagai calon pemimpin dengan skor 7,8. 

Urutan 10 besar dari skor tertinggi ditempati oleh sejumlah tokoh nasional yang sudah tidak asing lagi. Di antaranya adalah Mahfud MD, Sri Mulyani, Chairul Tanjung, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto. Selain itu, terdapat pula Komisaris Jenderal Polisi, Syafruddin, pada urutan ke 10.

Pada survei tersebut digunakan tiga golongan narasumber untuk mendapatkan hasil yang dapat diandalkan. Narasumber pertama merupakan kelompok elite, kedua berasal dari opinion leader, dan yang terakhir massa pemilih nasional. Kemudian, penilaian dari elite dan opinion leader mengacu pada beberapa variabel, diantaranya adalah kapabilitas, empati, integritas, akseptabilitas, dan kontinuitas. Sementara massa pemilih nasional hanya mempertimbangkan tingkat penerimaan/kesukaan.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.