Inilah 10 Kabupaten dengan Proporsi Anggaran Pendidikan Tertinggi pada 2017

10 Kabupaten dengan Proporsi Anggaran Pendidikan Tertinggi (2017)

Sumber : Kementerian Keuangan (Kemenkeu), 2018

Disalin..

26/7/2018, 17.11 WIB

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk dapat memajukan bangsa. Pendidikan yang baik maka melahirkan generasi penerus bangsa yang baik pula. Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat kelahiran yang cukup tinggi. Harapannya, para generasi penerus ini dapat meraih pendidikan yang berkualitas.

Untuk menunjang pendidikan yang bermutu, pemerintah mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN. Begitu pula pemerintah daerah yang mengalokasikan dana untuk pendidikan di daerahnya. Alokasi anggaran untuk pendidikan di setiap daerah berbeda satu sama lain. Berikut merupakan 10 kabupaten yang mempriotaskan pendidikan.

Bidang pendidikan mendapat prioritas utama untuk pembangunan manusia di Kabupaten Lampung Timur. Salah satu kabupaten di Provinsi Lambung tersebut mengalokasikan dana Rp 766,9 miliar untuk anggaran pendidikan atau sekitar 74,3 % dari total APBD Lampung Timur yang mencapai Rp 1,03 triliun. Proporsi tersebut menjadikan Kabupaten Lampung Timur menjadi daerah dengan anggaran pendidikan terbesar dibanding kabupaten lainnya seperti terlihat pada grafik di bawah ini. Kabupaten lain bahkan proporsi anggaran untuk pendidikannya tidak mencapai 50% dari total APBD.

(Baca Databoks: Ke Mana Subsidi Energi Dialihkan?)

data terkait