Chatting, Aplikasi Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Teknologi & Telekomunikasi
Penulis
21/02/2018 07:12 WIB
Penggunaan Aplikasi Layanan Internet Menurut Survei APJII 2017
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terhadap 2.500 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, aplikasi layanan internet yang paling banyak digunakan adalah chatting atau layanan pesan instan. Saat ini banyak aplikasi yang menyediakan layanan interaksi tersebut seperti Whatsapp, Line, FB Messenger, dan lain-lain.

Dari survei tersebut ditemukan bahwa publik yang menggunakan layanan chatting di internet mencapai 89,35%. Angka tersebut mengalahkan pemakaian layanan media sosial yang hanya mencapai 87,13% responden. Layanan internet yang popular digunakan lainnya adalah mesin pencarian. Sebanyak 74,84% dari responden menggunakan layanan tersebut dalam aktivitas sehari-harinya.

Layanan pencarian foto dan video juga menjadi layanan yang cukup popular di kalangan pengguna internet, terutama anak muda. Sementara itu, penggunaan layanan perbankan melalui internet justru masih minim dan baru digunakan oleh 7,39% dari responden. Ini menjadi tantangan bagi perbankan agar aplikasi yang mereka tawarkan lebih mudah, nyaman dan aman untuk bertransaksi di era digital.

Editor :
Data Populer
see more
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.