Tingkat Kemudahan Berbisnis Jawa Timur Tertinggi

23 November 2017

Hasil riset Asia Competitiveness Institute (ACI) 2017 menunjukkan bahwa Jawa Timur merupakan provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis (Ease of Doing Business/EDB) paling tinggi dibandingkan dengan 33 provinsi lainnya. Pada riset yand dilakukan April-september 2017 tersebut menggunakan tiga kategori penilaian, yakni data Tarik bagi investor (attractiveness to investor), keramahan bisnis (business friendliness), dan kebijakan yang kompetitif (competitive policies).

Baca selengkapnya

Peringkat kemudahan berbisnis Jawa Timur 2017 naik dua level ke posisi pertama dari posisi ketiga pada 2015. Naiknya peringkat tersebut ditopang oleh membaiknya peringkat attractiveness to investor Jawa Timur ke posisi pertama dari sebelumnya peringkat 5. Sementara tingkat kemudahan berusaha di Jakarta justru turun dua level ke posisi 4 dari sebelumya. Sedangkan provinsi dengan peringkat kemudahan paling buncit adalah Bengkulu, yakni diperingkat 34 dari sebelumnya di peringkat 26.

Dari 34 provinsi, 18 di antaranya berada di atas rerata tingkat kemudahan berbisnis nasioal. Sementara  16 provinsi masih di bawah rerata nasional. Survei kemudahan berbisnis kali ini melibatkan 925 pelaku usaha serta menggunakan data Badan Pusat Statistik. Skor semakin besar dari 0 mengindikasikan semakin tinggi dari skor nasional. Sebaliknya, semakin rendah dari 0 mengindikasikan semakin di bawah skor nasional.

Tampilkan minimal

Skor Survei Kemudahan Berbisnis di 34 Provinsi ACI (2017)

 
  • Sumber

    Asia Competitiveness Institute (ACI)

  • Rilis

    Asia Competitiveness Institute (ACI) 2017

  • Informasi lain

    -

  • Embed Chart

Baca Juga

Statistik Lainnya