4 Bank Persero Kuasai 41 Persen Kredit Perbankan

Nilai dan Pangsa Pasar Kredit Perbankan Menuru Jenis (Sep 2017)

Sumber : Otoritas Jasa Keuangan (OJK), 2017

Disalin..

21/11/2017, 07.38 WIB

Dalam roadmap Badan Usaha Milik Negara (BUMN), empat Bank Persero, yakni Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, serta Bank BTN akan digabung dengan Perum Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani. Adapun yang akan menjadi perusahaan induk (holding) nantinya adalah Danareksa.

Jika keempat bank BUMN tersebut digabung, dapat meningkatkan sinergi lembaga pemerintah yang memiliki usaha sejenis tersebut. Data Statistik Perbankan Indonesia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa jumlah kredit empat Bank Persero tersebut pada September 2017 mencapai Rp 1.848,98 triliun atau sebesar 40,69 persen dari total kredit perbankan sebesar Rp 4.543,59 triliun.

Penggabungan enam lembaga keuangan milik pemerintah dalam satu holding akan meningkatkan permodalan dan likuiditas. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi operasional serta mempermudah akses ke lembaga keuangan internasional.

data terkait

Anda memiliki 4 kuota artikel lagi hari ini. Silakan masuk atau mendaftar terlebih dahulu untuk mengakses seluruh artikel dan beberapa fitur lainnya.