Perubahan gaya hidup masyarakat yang begitu cepat membuat mal (pusat perbelanjaan) yang berkonsep lama mulai ditinggalkan pengunjung. Beberapa perusahaan retail seperti Ramayana dan Matahari tahun ini juga terpaksa menutup beberapa gerainya akibat sepi pengunjung yang berdampak terhadap penjualan.
Selain itu, maraknya situs belanja online membuat masyarakat lebih suka membeli barang lewat smartphone juga turut menjadi pemicu turunyan pengunjung pusat belanja berkonsep International Trade Centre (ITC). Di antaranya ITC Cempaka Mas dan ITC Roxy Mas. Kenaikan harga barang dan tarif listrik membuat daya beli masyarakat menengah ke bawah turun.
Berdasarkan survei yang dilakukan BCA, pusat belanja Metro Pasar Baru mengalami penurunan pengunjung hingga 59 persen pada semester I 2017 dibanding semester yang sama tahun sebelumnya. Demikian pula pengunjung Taman Palem Mall juga turun 49 persen, serta Glodok Plaza juga menyusut 34 persen.