Berapa Nilai Proyek Kereta Cepat?

Nilai Proyek Transportasi Pemerintah

Sumber : Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), 2017

Disalin..

31/7/2017, 15.06 WIB

Untuk mempercepat mobilitas penduduk dan mengurangi kemacetan, pemerintah menggalakkan pembangunan infrastruktur transportasi seperti proyek MRT dan LRT. Tidak hanya itu, bekerja sama dengan China Development Bank (CBD), pemerintah juga berencana membangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Nilai proyek kereta cepat tersebut mencapai Rp 68 triliun.

Adapun proyek Mass Rapid Trasit (MRT) Jakarta tahap I dengan rute Lebak Bulus-Bundaharan HI membutuhkan dana Rp 17 triliun menurut Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas. Proyek ini sudah dimulai sejak 2013 dan diperkirakan selesai pada 2018. Sementara untuk tahap II, yakni Bundaran HI-Kampung Bandan diperkirakan menghabiskan dana Rp 22,5 triliun dan akan mulai dibangun pada 2018.

Sementara proyek Ligt Rapid Transit (LRT), Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor membutuhkan dana Rp 23 triliun. Sedangkan proyek LRT Palembang yang akan menghubungkan Bandara International Sultan Mahmud Badaruddin II-Jakabaring Sport City diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 8,5 triliun. Kedua proyek tersebut merupakan dukungan transportasi untuk pelaksanaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Palembang dan Jakarta.

data terkait