Penduduk Muslim Tumbuh Tercepat di Dunia

Demografi
31/01/2017 12:37 WIB
Proyeksi Pertumbuhan Umat Beragama (2010-2050)
katadata logo databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Muslim adalah kelompok agama dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sebuah riset dari Pew Research Center, menyebutkan bahwa hingga 2050, populasi umat muslim di dunia diperkirakan akan tumbuh hingga 75 persen. Angka ini dua kali lipat pertumbuhan penduduk di dunia yang diperkirakan sebesar 35 persen. Adapun pertumbuhan umat Kristen berkisar 35 persen dan Hindu 34 persen.

Setidaknya ada dua faktor utama di balik proyeksi pertumbuhan yang cepat dari umat Islam. Pertama, hasil riset ini menunjukkan bahwa umat Islam memiliki anak lebih banyak dari kelompok agama lainnya. Di seluruh dunia, setiap wanita muslim memiliki rata-rata 3,1 anak, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata gabungan umat agama lain yang hanya 2,3. Selain itu, komposisi umat Islam dengan usia muda juga lebih banyak dibandingkan dengan pemeluk agama lainnya.

Ketakutan terhadap serangan teroris dari warga keturunan muslim, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meneken peraturan pelarangan dan pemeriksaan ketat terhadap pengunjung Negeri Paman Sam yang berasal dari 7 negara mayoritas muslim. Adapun 7 negara mayoritas muslim tersebut adalah Irak, Suriah, Iran, Libya, Somalia, Sudan dan Yaman. Kebijakan ini menimbulkan penolakan dari banyak pihak di AS.

 

Editor :
Data Populer
Lihat Semua
instagram
Databoks Indonesia (@databoks.id)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari Katadata Indonesia.
twitter
Databoks Indonesia (@databoksid)
Portal data ekonomi dan bisnis. Bagian dari @katadatacoid.