Dolar AS Kian Perkasa

Pasar
14/11/2016 18:46 WIB
Pergerakan Indeks Dolar AS Terhadap 6 Mata Uang Utama Dunia 1 Feb-14 Nov 2016
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Dolar Amerika Serikat (AS) kian perkasa terhadap mata uang dunia. Ini terlihat dari indeks dolar AS (DXY) yang makin mendekati level 100. Pada transaksi 14 November 2016 hingga pukul 18:35 WIB, indeks dolar AS terhadap 6 mata uang utama dunia berada di level 99,75 naik 69 basis poin dari penutupan 11 November 2016. Menurut data Bloomberg, ini merupakan posisi tertingginya sejak awal Februari 2016.

Ketidakpastian bank sentral Amerika (The Fed) akan menaikkan suku bunganya membuat dolar AS cenderung digdaya terhadap mata uang utama dunia. Ditambah lagi kecemasan investor terhadap kebijakan Presiden AS terpilih Donald Trump yang cenderung protektif membuat para pelaku pasar finansial akan lebih memilih memegang uang dalam bentuk tunai dari pada merugi bila berinvestasi.

Dolar AS masih akan cenderung menguat terhadap mata uang dunia Karena di anggap sebagai safe haven (tempat menyimpan kekayaan yang paling aman) pada saat terjadi gejolak di pasar finansial. Harga saham di bursa dunia berjatuhan, demikian pula di pasar obligasi. Harga komoditas juga turun, bahkan emas yang biasanya menjadi safe haven harganya juga melorot.

Data Populer
Lihat Semua