10 Presiden Amerika Serikat dengan Masa Bakti Tersingkat

Politik
11/11/2016 13:51 WIB
10 Presiden Amerika Serikat dengan Masa Bakti Tersingkat (Per 2016)
databoks logo
  • A Font Kecil
  • A Font Sedang
  • A Font Besar

Meninggal karena penyakit, tewas karena pembunuhan, maupun hanya meneruskan sisa pemerintahan presiden terdahulu menjadi penyebab utama beberapa kepala negara Amerika Serikat (AS) tidak dapat menjalankan masa bakti secara penuh selama empat tahun sesuai konstitusi. Situs World Atlas merilis 10 Presiden AS dengan masa bakti tersingkat sepanjang sejarah. Laporan itu menyebutkan William Henry Harrison merupakan presiden dengan masa bakti tersingkat. Presiden ke-9 AS ini hanya menjabat selama 31 hari karena kemudian wafat akibat penyakit Pneumonia. Ia merupakan presiden AS pertama yang meninggal saat masih menjabat.

Selanjutnya, presiden AS dengan masa jabatan tersingkat kedua adalah James A. Garfield. Presiden ke-20 ini hanya mengabdi selama 199 hari. Presiden Garfield tewas tertembak pada Juli 1881 oleh seorang pengacara. Selain sakit dan terbunuh, penyebab lain adalah singkatnya masa jabatan sisa dari presiden terdahulu. Tercatat Gerald R. Ford yang menjadi presiden dengan masa jabatan tersingkat kelima. Ia merupakan Presiden Amerika Serikat ke-38 yang ditunjuk untuk menjalankan sisa masa jabatan Presiden Richard Nixon yang mundur akibat Skandal Watergate.

Hingga saat ini, Amerika Serikat telah dipimpin oleh 44 orang presiden. Pada Januari 2017, publik Amerika Serikat akan menyambut Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat ke-45 yang memenangkan pemilu melawan Hillary Clinton pada November 2016.

Data Populer
Lihat Semua