Indonesia Turut Mendorong Pengentasan Kemiskinan Dunia

Rasio Penurunan Penduduk Miskin pada 2013

Sumber : World Bank, 2016

Disalin..

5/10/2016, 10.32 WIB

Pengurangan penduduk miskin dunia pada 2013 menjadi 10,7 persen didorong oleh pengentasan kemiskinan yang ekstrim di kawasan Asia Timur dan Pasifik terutama Cina dan Indonesia. India dan Bangladesh ikut menjadi bagian dalam pengurangan penduduk miskin di tingkat global.

Kemiskinan di Cina, penduduk yang bertahan dengan nilai konsumsi di bawah US$ 1,9 per hari mengalami penurunan sebanyak 4,6 persen menjadi 1,8 persen. Pada tahun yang sama di Indonesia kemiskinan berkurang 1,9 persen, India 2,9 persen, dan Bangladesh turun 2 persen.

Statistik Bank Dunia menampilkan jumlah penduduk miskin di Asia Timur dan Pasifik berkurang dari 7,1 persen pada 2012 menjadi 3,5 persen. Sedangkan di Asia Selatan untuk periode yang sama terjadi penurunan sebanyak 2,4 persen. 

Terdapat enam strategi yang menjadi catatan Bank Dunia dalam upaya menekan ketimpangan kemiskinan di seluruh dunia. Pertama, pengembangan anak usia dini dan gizi. Kedua, perlindungan kesehatan untuk semua masyarakat. Ketiga, pemberian akses pendidikan bermutu. Keempat, penyediaan bantuan tunai kepada keluarga miskin. Kelima, pembangunan infrastruktur pedesaan, terutama jalan dan penyediaan listrik. Keenam, penerapan sistem perpajakan yang progresif

data terkait